SURGANYA TIMUR INDONESIA!

Indonesia memang selalu menyuguhkan fantasi wisata yang sangat luar biasa, dari Sabang hingga Merauke akan selalu ada hal yang menarik yang akan kamu temukan. Bahkan bila kamu travelling ke seluruh penjuru Indonesia, kamu pasti akan menemukan suatu hidden gem yang tersembunyi. Artikel kali ini akan membahas tentangsurganya para traveller di Timur Indonesia.

Timur Indonesia meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB),Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Di Timur Indonesia sendiri selalu menjadi daya tarik wisatawan lokal sampai mancanegara untuk berkunjung menikmati surga duniawi nya. Terlebih para traveller yang banyak datang dari berbagai macam daerah dan negara hanya untuk mengenal lebih dekat lokasi dan kehidupan masyarakatnya.

Saat kamu menginjakkan kaki di  Indonesia timur, kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan yang tiada duanya. Bahkan wilayah Indonesia bagian Timur terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis dan wajib sekali kalian kunjungi.

wilayah Indonesia bagian Timur terkenal dengan keindahan alamnya

Pulau Wetar (Wetar island)

Pulau Wetar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Banda dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Wetar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku.

Dengan luas 2.622 km2. Tumbuhan mangrove yang dapat ditemui di pesisir Pulau Wetar sebanyak 15 spesies yang tergolong dalam 15 generasi dan 12 famili. Kelimpahan spesies mangrove di pulau ini ditunjukan dengan kesamaan spesies tumbuhan mangrove yang ada di Nusa Tenggara dan Timor Leste.

Lokasi Pulau Wetar yang jauh dari hiruk pikuk kota dan kendaraan, menjadikan udara di sini masih segar.kawasan pulau ini juga cocok untuk lo bisa memancing ikan-ikan serta melepaskan rasa penat dari kehidupan sehari-hari. Karena kondisi di pulau ini pun sangat jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan masih sedikit kendaraan yang ada di dalamnya.

Halmahera

Halmahera adalah pulau terbesar di Kepulauan Maluku. Pulau ini merupakan bagian dari provinsi Maluku Utara, Indonesia. Halmahera memilik luas tanah 17.780 km²

Terdapat banyak pulau di Halmahera. Halmahera menyimpan banyak keindahan yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Berlokasi di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, Halmahera Selatan.

Tawale juga memiliki beberapa sebaran pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Air lautnya juga terlihat begitu jernih dan menyegarkan. Hal ini membuat hamparan terumbu karang dengan aneka biota lautnya terlihat sangat jelas hanya dengan mata telanjang.

Berlokasi di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Hamparan pasir yang putih dan luas, air laut jernih kebiruan, serta terumbu karang yang terhampar dengan berbagai jenis keindahan biota lautnya.Kepulauan Widi juga menjadi sumber utama mata pencaharian warga lokal. Perairan laut yang masih jernih dan kaya akan ikan membuat banyak orang menggantungkan hidup sebagai nelayan.Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau ini, mulai dari memancing, snorkeling, ataupun diving.

Nusa Ra memiliki arti berdasarkan namanya, Nusa artinya tanah dan Ra artinya besar. Pulau Nusa Ra terletak sekitar 1 km di sebelah barat Labuha Pengunjungbisa berenang, main pasir, menikmati suasana pantai yang sunyi, hingga snorkeling di bawah laut Nusa Ra yang menakjubkan pandangan mata. Pantai eksotis yang memiliki barisan pohon kelapa ini, sangat cocok dijadikan tempat liburan yang santai.

Pulau Alor

Pulau Alor adalah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan, serta Selat Pantar di barat.

Pulau Alor selain memiliki keindahan alam yang dapat dilihat secara langsung di daratan dan di pantai, juga memiliki keindahan alam dibawah laut berupa ikan-ikan langka nan indah serta karang dan tumbuhan-tumbuhan laut yang begitu mempesona.

Disini kita bisa diving dan snorkeling ke Taman Laut Pantar. Berlokasi di Selat Pantar, Taman Laut ini merupakan pertemuan perairan Indonesia dan Australia. Perairan di sini sangat kaya dengan biota laut.