BERJELAJAH KE GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pusat pemerintahan berada di Kapanewon Wonosari. Dengan luas sekitar satu per tiga dari luas daerah induknya, kabupaten ini relatif rendah kepadatan penduduknya daripada kabupaten-kabupaten lain. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat.

Gunungkidul adalah salah satu tempat wisata di Yogya, banyak sekali tempat wisata bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke Yogya. Karna di Gunungkidul, tempat wisatanya adalah sesuatu yang sangat murni dengan kearifan lokalnya. Berikut adalah 5 tempat yang bisa kamu jadikan referensi :

5 tempat yang bisa kamu jadikan referensi di Gunungkidul

Goa Pindul

Gua Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Pindul dikenal karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Selama kurang lebih 45 – 60 menit kamu akan diajak menyusuri sungai di gelapnya perut bumi sepanjang 300 m menggunakan ban pelampung.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun yang ada di daerah wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Yang berbeda dari air terjun ini adalah lokasinya yang berada di persawahan bertingkat atau sengkedan. Air terjun ini bersusun atau bertingkat dengan susunan batuan vulkanik dan terjadi secara alamiah. Air Terjun Kedung Kandang merupakan sebuah nama dari air terjun unik yang berlokasi di Dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini setidaknya memiliki sebanyak 6 undakan yang terdiri dari tebing-tebing vulkanik yang terbentuk sepert tangga. Undakan-undakan tersebut yang membuat air terjun ini unik.

Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Pantai Watu Kodok ini tidak kalah indah dari Pantai-pantai lain yang berada di Gunung Kidul. Pantai ini termasuk pantai yang masih perawan karena belum banyak terjamah oleh orang – orang. Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta, yaitu tepatnya di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, yang dapat Anda tempuh sekitar 2jam saja dari Malioboro. Pantai Watu Kodok yang artinya Batu Kodok ini terdapat sebuah batu karang yang menyerupai kodok.engan deretan bebatuan karang terjal dengan hamparan Pasir bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai ini. Karang inilah yang menjadi ikon pantai ini, yang pasti membuat kamu penasaran untuk mengunjunginya.

Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Telaga Biru merupakan danau kecil yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih di daerah Semin Gunungkidul. Telaga Biru atau bernama lain Telaga Hijau, Telaga Ijo terletak di area Tambang Batu Putih, dusun Ngentak, desa Candirejo, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Kawasan tersebut berbatasan dengan wilayah dusun Namengan, desa Krajan, kecamatan Weru, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Telaga Biru Semin merupakan danau buatan atau kolam raksasa yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih di kawasan perbukitan Candirejo, Semin Gunungkidul.

Penggalian batu putih hingga mencapai dasar tanah menyebabkan benturan dengan lapisan air tanah. Air tanah tersebut muncul ke permukaan dan memenuhi cekungan batu yang telah ditambang. Akibatnya terbentuk beberapa kolam berisi air yang cukup dalam. Selama kurun waktu tertentu dasar kolam ditumbuhi lumut dan ganggang sehingga menimbulkan warna biru kehijau-hijauan bila dilihat dari atas atau puncak bukit.

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan sebuah waduk kecil yang ada di puncak Gunung Kidul. Ada beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika berkunjung ke Embung Batara Sriten yaitu . Jika kamu sangat menyukai berfoto, Embung Batara Sriten lah tempat yang cocok untuk mengabadikan moment. Terdapat spot foto yang sangat indah. Saat cuaca cerah pemandangan sunset yang ada di Embung Batara Sriten ini sangatlah indah dengan latar depan telaga berbentuk menyerupai bumerang. Ada juga Puncak Bukit Mangir yang berada di belakang embung. Disini pun terdapat telaga yang tenang, pemandangan indah, udara yang sejuk.